Selasa, 05 Januari 2010

Mengenali Lingkup Pemrograman Anda

BAB 3
Mengenali Lingkup Pemrograman Anda
3.1 Tujuan
Dalam bagian ini, kita akan membahas tentang bagaimana menulis, mengkompilasi dan
menjalankan program Java. Terdapat dua cara dalam melakukannya, yang pertama
menggunakan console dan text editor. Sedangkan cara kedua adalah dengan
menggunakan NetBeans yang merupakan Integrated Development Environment
atau yang disebut IDE.
Pada akhir pembahasan, diharapkan pembaca dapat :
 Membuat program Java menggunakan text editor dan console dalam Linux (Ubuntu
Dapper)
 Membedakan antara syntax-errors dan runtime-errors
 Membuat program Java menggunakan NetBeans
3.2 Pendahuluan
IDE adalah sebuah peralatan dalam pemrograman yang diintegrasikan ke dalam aplikasi
software yang mendukung pembangunan GUI, teks atau penulisan kode, compiler dan
debugger.
Tutorial ini menggunakan Ubuntu Dapper sebagai sistem operasinya. Sebelum
menggunakan tutorial ini, pastikan bahwa telah menginstal Java dan NetBeans dalam
sistem yang Anda gunakan. Untuk instruksi bagaimana cara menginstal Java dan
NetBeans, dapat dilihat pada Appendix A. Untuk versi Windows XP dalam bagian ini,
dapat dilihat pada Appendix B.
Sebelum membahas lebih terperinci, pada awalnya akan kita lihat program Java pertama
yang akan Anda tulis.
3.3 Program Java Pertama
public class Hello
{
/**
* My first java program
*/
public static void main(String[] args) {
//Menampilkan kata "Hello world" dilayar
System.out.println("Hello world!");
}
}
J.E.N.I.
Pengenalan Pemrograman I 2
Sebelum menjelaskan apa arti dari program tersebut, cobalah untuk menulis program
ini di dalam file dan kemudian menjalankannya.
3.4 Menggunakan Text Editor dan Console
Dalam contoh ini, kita akan menggunakan text editor untuk mengedit program Java.
Anda juga akan membuka terminal window untuk mengkompilasi dan mengeksekusi
program Java Anda.
Langkah 1: Memulai Text Editor
Untuk memulai text editor di Linux , klik pada Applications->Accessories->Text Editor.
Gambar 1: Aplikasi Text Editor di Linux
J.E.N.I.
Pengenalan Pemrograman I 3
Langkah 2: Membuka Terminal
Untuk membuka terminal di Linux, klik pada Applications-> Accessories-> Terminal.
Langkah 3: Tulislah listing program Java Anda dalam text editor.
Figure 2: Terminal pada Linux
Gambar 3: Menulis Kode Program Menggunakan Text Editor
J.E.N.I.
Pengenalan Pemrograman I 4
Langkah 4: Simpanlah program Java Anda
Program ini akan disimpan dalam file yang bernama ''Hello.java'', dan disimpan dalam
sebuah folder yang bernama MYJAVAPROGRAMS.
Untuk membuka Save dialog box, klik pada File menu yang terdapat pada menubar dan
kemudian klik save.
Setelah melakukan instruksi tersebut, dialog box akan tampil seperti gambar dibawah
ini.
Gambar 4: Menyimpan File
J.E.N.I.
Pengenalan Pemrograman I 5
Klik pada tombol browse, kemudian klik tombol Create Folder.
J.E.N.I.
Pengenalan Pemrograman I 6
Nama folder baru, MYJAVAPROGRAMS. Sekarang, klik pada folder MYJAVAPROGRAMS
untuk mengetahui isi folder yang ada didalamnya. Setelah Anda klik pada folder
tersebut, Anda akan melihat gambar yang ditampilkan seperti berikut ini. Untuk saat ini
folder tersebut harus kosong sampai terbuatnya folder baru dan kita akan menyimpan
semuanya didalam folder tersebut.
Sekarang, dalam textbox Selection, ketiklah nama file dari program Anda, yaitu
''Hello.java'', kemudian klik pada tombol SAVE.
J.E.N.I.
Pengenalan Pemrograman I 7
Sekarang Anda telah menyimpan file Anda, ingatlah cara bagaimana nama frame dapat
berubah dari ''Untitled Document 1 (modified) – gedit'' menjadi "Hello.java
(~/MYJAVAPROGRAMS) – gedit". Jika Anda ingin melakukan perubahan pada file Anda,
Anda hanya perlu mengeditnya, kemudian menyimpannya kembali dengan mengklik
pada File->Save.
Gambar 5: Jendela Baru setelah Penyimpanan
J.E.N.I.
Pengenalan Pemrograman I 8
Langkah 5: Mengkompilasi program Anda
Langkah berikut ini adalah mengkompilasi program Anda. Masuklah ke Terminal Window
yang telah kita buka sebelumnya.
Ketika Anda membuka terminal window, terminal tersebut menampilkan jendela yang
disebut sebagai home folder Anda. Untuk melihat isi dari folder tersebut, ketik ls dan
kemudian tekan ENTER. Apa yang akan Anda temukan adalah daftar file-file dan folder
di dalamnya.
Disinilah Anda dapat melihat folder dengan nama "MYJAVAPROGRAMS" yang telah kita
buat sebelumnya, dan merupakan tempat dimana kita menyimpan program Hello.java
kita. Kemudian masuklah ke dalam direktori tersebut.
Untuk masuk ke dalam sebuah direktori, ketiklah perintah : cd [directory name].
Perintah ''cd'' digunakan untuk merubah direktori. Dalam hal ini, nama dari direktori kita
adalah MYJAVAPROGRAM, maka Anda harus mengetik : cd MYJAVAPROGRAMS.
Gambar 6: Merubah Direktori
J.E.N.I.
Pengenalan Pemrograman I 9
Setelah berada di dalam folder yang berisi program Java Anda, sudah saatnya untuk
memulai meng-compile program Java tersebut. Sebagai catatan, bahwa file yang Anda
maksud harus ada didalam folder yang Anda pilih. Periksalah dengan menjalankan
perintah ''ls'' lagi untuk melihat bahwa file Anda ada didalam folder tersebut.
Untuk mengkompilasi program Java, gunakanlah perintah : javac [filename]. Dalam
hal ini, Anda mengetikan perintah : javac Hello.Java.
Gambar 7: Daftar File didalam Direktori yang Baru
Gambar 8: Mengkompilasi File Java
J.E.N.I.
Pengenalan Pemrograman I 10
Selama pengkompilasian, javac menambah file ke dalam disk yang disebut
[filename].class, atau dalam hal ini, Hello.class, yang merupakan kode sebenarnya.
Langkah 6 : Menjalakan Program
Selama proses pengkompilasian, javac menambah file baru kedalam disk yang disebut
[filename].class, dalam hal ini, Hello.class, yang merupakan kode sebenarnya saat
ini, dengan perkiraan tidak ada permasalahan pada saat proses compile (kita akan
menyelidiki dan membahas permasalahan yang ditemukan selama proses compile, pada
bagian berikutnya), berarti telah siap untuk menjalankan program Anda.
Untuk menjalankan program Java Anda, dengan mengetikkan perintah : java [filename
without the extension], maka dalam hal ini, Anda mengetikkan perintah : java Hello.
Sekarang Anda dapat melihat di layar bahwa Anda telah menjalankan program Java
pertama Anda, yang menampilkan pesan, ''Hello world!''.
Gambar 9: Menjalankan File Class
J.E.N.I.
Pengenalan Pemrograman I 11
3.4.1 Errors
Apa yang telah ditunjukan sejauh ini adalah program Java dimana kita tidak menemukan
berbagai masalah dalam proses kompilasi maupun pada saat menjalankannya.
Bagaimanapun juga, hal ini tidak selalu terjadi. Seperti yang telah kita diskusikan pada
bagian pertama dari latihan ini, biasanya kita juga akan menemukan permasalahan
selama proses berlangsung.
Seperti yang telah didiskusikan sebelumnya, ada 2 macam error. Pertama adalah
compile-time error atau yang disebut juga sebagai syntax error. Kedua adalah runtime
errors.
3.4.1.1 Syntax Errors
Syntax errors biasanya terjadi karena kesalahan penulisan. Mungkin Anda kekurangan
sebuah perintah di Java atau lupa untuk menulis tanda titik-koma pada akhir
pernyataan. Java mencoba untuk mengisolasi error tersebut dengan cara menunjukkan
baris dari kode dan terlebih dahulu menunjuk karakter yang salah dalam baris tersebut.
Bagaimanapun juga, error belum tentu berada pada titik yang ditunjuk.
Kesalahan umum lainnya adalah dalam kapitalisasi, ejaan, penggunaan dari karakter
khusus yang tidak benar, dan penghilangan dari pemberian tanda baca yang
sebenarnya.
Mari kita mengambil contoh, pada program Hello.java, dimana dengan sengaja kita
menghilangkan titik-koma pada akhir pernyataan dan juga mencoba untuk mengetikkan
ejaan yang salah pada sebuah perintah.
Gambar 10: Listing Program yang Memiliki Error
J.E.N.I.
Pengenalan Pemrograman I 12
Lihatlah pesan error yang ditampilkan setelah peng-compile-an program dijalankan.
Pesan error yang pertama memberitahu bahwa di program Anda terdapat error pada
baris 6. Hal itu menunjuk pada kata setelah statict, dimana seharusnya dieja sebagai
static.
Pesan error yang kedua memberitahukan bahwa pada program tersebut kehilangan titikkoma
setelah pernyataan Anda.
Jika Anda menemukan banyak pesan error, cobalah untuk mengoreksi kesalahan yang
pertama pada daftar error satu per satu, dan mencoba untuk mengkompilasinya
kembali. Dengan melakukan hal tersebut maka, dapat mengurangi total error yang ada.
3.4.1.2 Run-time Errors
Run-time error merupakan error yang tidak akan ditampilkan sampai Anda menjalankan
program Anda. Bahkan program yang dikompilasi dengan sukses dapat menampilkan
jawaban yang salah jika programmer belum berpikir sampai struktur dan proses logis
dari program tersebut.
Gambar 11: Pengkompilasian Llisting Program yang Memiliki Error
J.E.N.I.
Pengenalan Pemrograman I 13
3.5 Menggunakan NetBeans
Sekarang kita mencoba mengerjakan program kita dengan jalan yang lebih rumit, mari
kita lihat bagaimana mengerjakan semua proses yang telah dijelaskan pada bagian
sebelumnya dengan menggunakan sebuah aplikasi.
Pada bagian pelajaran ini, kita akan menggunakan NetBeans, yang merupakan
Integrated Development Environment atau IDE. Suatu IDE adalah lingkup
pemrograman yang diintegrasikan kedalam suatu aplikasi perangkat lunak yang
menyediakan pembangun GUI, suatu text atau kode editor, suatu compiler atau
interpreter dan suatu debugger.
Langkah 1 : NetBeans
Ada dua cara untuk menjalankan NetBeans. Pertama menulis perintah menggunakan
terminal, atau hanya dengan mengklik pada tombol shortcut yang dapat ditemukan di
desktop.
Untuk menjalankan NetBeans menggunakan command-line. Bukalah terminal (lihat
langkahnya pada bagaimana menjalankan terminal didiskusi sebelumnya), dan ketiklah :
netbeans.
Gambar 12: Menjalankan NetBeans Menggunakan Command-Line
J.E.N.I.
Pengenalan Pemrograman I 14
Cara kedua untuk menjalankan NetBeans, adalah dengan mengklik shortcut icon yang
terdapat pada desktop Anda.
Gambar 13: Menjalankan NetBeans Menggunakan Shortcut Icon di Desktop
J.E.N.I.
Pengenalan Pemrograman I 15
Setelah Anda membuka NetBeans IDE, Anda akan melihat graphical user interface (GUI)
seperti yang ditunjukkan dibawah ini.
Gambar 14: Window Setelah Membuka NetBeans
J.E.N.I.
Pengenalan Pemrograman I 16
Langkah 2: Membuat sebuah Project
Pertama, mari kita buat sebuah project. Klik pada File->New Project. Setelah
melakukannya, akan ditampilkan kotak dialog project yang baru. Kemudian klik pada
Java Application dan klik tombol NEXT.
Gambar 15: Memilih Tipe Project
J.E.N.I.
Pengenalan Pemrograman I 17
Sekarang, dialog aplikasi yang baru akan ditampilkan.
Gambar 16: Mengatur Informasi Project
J.E.N.I.
Pengenalan Pemrograman I 18
Cobalah untuk mengubah lokasi aplikasi, dengan mengklik pada tombol BROWSE.
Kemudian dialog lokasi project akan muncul. Klik dua kali pada home folder Anda.
Kemudian isi dari folder root akan ditampilkan. Lalu klik dua kali pada folder
MYJAVAPROGRAMS dan klik tombol OPEN.
Gambar 17: Mengatur Lokasi Project
J.E.N.I.
Pengenalan Pemrograman I 19
Lihatlah Project Location dan Project Folder telah berubah menjadi
/home/florence/MYJAVAPROGRAMS.
Yang terakhir, pada textfield Create Main Class, tulislah Hello sebagai nama kelas utama,
dan kemudian klik tombol FINISH.
Gambar 18: Window setelah Mengatur Lokasi Project ke MYJAVAPROGRAMS/Mengatur kelas utama project
menjadi Hello
J.E.N.I.
Pengenalan Pemrograman I 20
Langkah 3 : Menulis dalam Program Anda
Sebelum menulis program Anda, pertama akan dijelaskan mengenai jendela utama
setelah membuat project.
Seperti ditunjukkan di bawah, secara otomatis NetBeans membuat kode dasar untuk
program Java Anda. Anda dapat menambah pernyataan-pernyataan Anda pada kode
yang telah di-generate. Pada sisi kiri jendela, Anda dapat melihat daftar folder dan filefile
yang dihasilkan NetBeans setelah membuat sebuah project. Semua ini dapat Anda
temukan dalam folder MYJAVAPROGRAMS Anda, dimana Anda menetapkan lokasi project
tersebut.
Gambar 19: Tampilan dari Project yang telah Dibuat
J.E.N.I.
Pengenalan Pemrograman I 21
Sekarang, cobalah memodifikasi kode yang dihasilkan oleh NetBeans. Untuk saat ini
abaikan bagian-bagian lain dari program, detail dari kode tersebut akan dijelaskan pada
bagian berikutnya. Masukkan kode :
System.out.println("Hello world!");
Setelah pernyataan, //TODO code application logic here.
Gambar20: Memasukkan Kode
J.E.N.I.
Pengenalan Pemrograman I 22
Langkah 4 : Mengkompilasi Program Anda
Sekarang, untuk mengkompilasi program Anda, klik pada Build->Buid Main Project.
Atau, Anda juga dapat menggunakan tombol shortcut untuk mengkompilasi kode Anda.
J.E.N.I.
Pengenalan Pemrograman I 23
Jika tidak terdapat error pada program Anda, Anda dapat melihat pesan sukses build
pada jendela yang dihasilkan.
Gambar 21: Tampilan Setelah sukses melakukan compile
J.E.N.I.
Pengenalan Pemrograman I 24
Langkah 5 : Menjalankan Program Anda
Untuk menjalankan program Anda, klik pada Run->Run Main Project. Atau Anda juga
dapat menggunakan tombol shortcut untuk menjalankan program Anda.
Gambar 22: Menjalankan dengan NetBeans
J.E.N.I.
Pengenalan Pemrograman I 25
Hasil dari program Anda ditampilkan pada jendela.
Gambar 23: Tampilan Setelah Sukses Menjalankan Program
J.E.N.I.
Pengenalan Pemrograman I 26
3.6 Latihan
3.6.1 Hello World!
Menggunakan NetBeans, membuat class dengan nama : [NamaAnda]. Hasil dari
program yang harus tampil di layar :
Welcome to Java Programming [NamaAnda]!!!
3.6.2 The Tree
Menggunakan NetBeans, membuat class dengan nama : TheTree. Hasil dari program
yang harus tampil dilayar :
I think that I shall never see,
a poem as lovely as a tree.
A tree whose hungry mouth is pressed
Against the Earth’s sweet flowing breast.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar